Sebar Hoax Tujuh Kontainer Surat Suara Rusak Guru SMP ini Diciduk Polisi

Apes, Sebar Hoax Tujuh Kontainer Surat Suara Rusak Guru SMP ini Diciduk Polisi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono

ViralBanten.com – Aparat Polda Metro Jaya kembali berhasil menangkap salah satu pelaku penyebaran hoak, tujuh kontainer surat suara rusak. Pelakunya adalah MIK (38) yang dikenal bekerja sebagai guru SMP.

Kepala Bagian Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, MIK ditangkap di rumahnya, di kawasan Metro Cendana, Cilegon, Banten, Minggu (6/1/2019), sekitar pukul 10.30 malam.

Dari hasil pemeriksaan, kata Argo, MIK diketahui memposting konten hoax dari tujuh kotak suara yang rusak, Rabu (2/1/2019) menggunakan akun twitter pribadinya atas nama chiecilihie @ chiecilihie80.

Baca juga: Viral: Polisi Gadungan Ganteng, Sudah Tiduri 39 Wanita Dibekuk Polisi

Saat ini MIK dikatakan telah ditentukan oleh tersangka dalam kasus ini.

“Tersangka yang bekerja sebagai guru sekolah menengah pertama, telah menghapus posnya dari akun Twitter-nya, setelah informasinya menyebar,” kata Argo di Markas Besar Kepolisian Metro Jaya, Kamis (10/1/2019).

Karena perbuatannya kata Argo, pelaku akan dijerat pasal 28 ayat (2) jo pasal 45A ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2008 tentang informasi elektronik, dengan maksimum penjara 6 tahun dan denda paling banyak satu miliar rupiah.

Serta Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana, dengan hukuman penjara minimal 2 tahun dan maksimal 10 tahun.

Sebelumnya, Tim Bareskrim Mabes Polri telah menangkap tujuh pencipta hoax 7 kontainer atau pembuat hoax, yaitu Bagus Bawana Putra (51), Senin (7/1/2019) pagi.

Bagus, beralamat di Bekasi, Jawa Barat, ditangkap di Sragen, Jawa Tengah.

Sebelumnya polisi telah mengamankan dan menentukan tersangka penyebaran hoak dari tujuh kontainer surat suara yang telah rusak dari Bogor, Balikpapan dan Brebes. Mereka adalah HY, LS, dan J.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here