Penyebab Insomnia Secara Psikologis dan Cara Mengatasinya

susah tidur malam
susah tidur malam

VIRAL BANTEN – Gangguan susah tidur malam merupakan permasalahan yang akan menghambat berbagai kegiatan pada keesokan harinya. Tidak hanya rasa kantuk yang ditimbulkan, akan tetapi rasa lelah atau lemas, dan pusing pun kadang bisa mendera. Sehingga hal ini tentu saja akan menyebabkan produktivitas Anda menjadi turun. Susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia biasanya dialami oleh kalangan muda dan tua. Penyebabnya ada berbagai macam, namun faktor utama yang sering menyebabkan hal ini adalah faktor psikologis.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi, kenapa akhirnya seseorang kesulitan tidur di malam hari. Misalnya saja, mahasiswi yang kebetulan penggemar drama dengan episode panjang. Ketika masa liburan datang, beberapa dari mereka memilih menghabiskan waktu di rumah, untuk menyelesaikan tanggung jawab (ego) menonton serial drama. Karena terlalu menikmati aktivitas tersebut, bisa jadi pergantian siang – malam akhirnya diabaikan.

Insomnia terbentuk dari kebiasaan

Dalam Panduan Diagnosa Gangguan Mental, insomnia didefinisikan sebagai ketidakmampuan seseorang mengawali tidur, mempertahankan tidur, bangun atau tidur terlalu dini yang tidak menyegarkan. Gangguan tersebut dirasakan selama lebih dari satu bulan. Salah satu penyebabnya adalah pola tidur yang berantakan. Hal itu mengganggu ritme tidur manusia yang dikondisikan agar terjadi saat malam. Mengikuti faktor lingkungan seperti stimuli terang dan gelap, gravitasi serta elaktromagnetik.

Seperti dialog di beberapa episode terakhir serial Drama Good Manager, “Meskipun kita berbagi tempat yang sama, namun untuk bertahan hidup, setiap dari kita memiliki gaya yang berbeda.” Hal ini juga menyiratkan bahwa jam biologis telah dikondisikan alam secara sempurna. Namun, hal tersebut hanya berfungsi ketika setiap orang membiasakan diri mengikuti aturan tersebut. Misalnya, meskipun orang tahu bahwa dia harus tidur pukul 22.00, namun karena ia mengabaikan informasi itu, maka tetap saja jam tidurnya tidak teratur.

Sleep hygiene dan saran penyelesaian masalah insomnia

Sleep hygiene adalah pola tidur bersih. Maksudnya di sini bukan untuk pergi tidur dalam keadaan tubuh bersih segar habis mandi dan gosok gigi, namun lebih kepada menerapkan kebiasaan tidur yang lebih sehat. Hal ini dilakukan untuk membersihkan segala macam gangguan yang biasanya membuat kamu kurang tidur atau tidur tidak lelap. Beberapa poin di bawah adalah beberapa hal yang biasanya mengganggu tidur manusia. Yuk cek apakah itu menjadi bagian dari kebiasaanmu:

  1. Mengkonsumsi makanan berat, kafein, atau terbiasa merokok dan minum alkohol, setidaknya satu jam sebelum tidur. Dimana hal tersebut menyebabkan seseorang mudah terbangun di tengah malam.
  2. Berlebihan melakukan aktivitas tidur di pagi atau sore hari, lebih dari 30 menit.
  3. Terbebani sesuatu, sampai kepikiran. Apalagi jika sudah tertanam kuat konsep tertentu dalam diri seseorang tersebut. Misalnya kesuksesan memerlukan produktivitas yang tinggi, jadi mengabaikan pemenuhan nutrisi makanan dan tidur, menjadi (terasa) tidak masalah.
  4. Membiasakan menonton televisi atau memainkan gadget sebelum tidur. Ditambah terbiasa, melakukan aktivitas tersebut dengan posisi tubuh terlentang atau berada di atas kasur.
  5. Jarang melakukan olaraga rutin atau malah menyempatkan olaraga setidaknya dua jam sebelum pergi tidur.

Dari kelima poin di atas, apabila kamu menemukan letak kebiasaan tidak baikmu, maka segera ganti kebiasaan itu dengan hal sebaliknya yang lebih positif. Mengubah kebiasaan tentu bukan hal yang mudah. Namun jika dilakukan dengan kemauan yang besar, maka apapun bisa diubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *