Banten Zona Merah – Menjadi Primadona Pintu Masuk Narkoba

Banten Zona Merah - Menjadi Primadona Pintu Masuk Narkoba
Ilustrasi Narkoba

ViralBanten.comBanten termasuk dalam wilayah zona merah kasus narkoba. Tidak hanya sebagai lintasan traffick narkoba, Banten juga telah menjadi tempat pembuatan serta daerah transit obat sebelum didistribusikan ke Jakarta dan sekitarnya.

Selama tahun 2018 ada sejumlah kasus penyelundupan obat melalui perairan Banten serta layanan pengiriman yang transit ke Banten. Kemudian menyebar ke Jakarta dan sekitarnya.

“Banten darurat narkoba bukan hanya lintasan tapi transit di Banten kemungkinan disebar dari Banten ke daerah lain,” kata Kepala BNNP Banten Kombes Pol Tantan Sulistyana kepada wartawan, Selasa (18/12).

Ada beberapa kasus penyelundupan narkoba berskala internasional yang terjadi di Banten. Seperti penangkapan 1 ton sabu senilai Rp 1,5 Triliun di pantai Anyer yang dilakukan oleh Polda metro jaya. “Data sebelumnya ada juga ada tempat produksi di Tangsel. Lengkap Banten ini. Rawan masuknya narkoba,” katanya.

Berikut ini adalah beberapa kasus penyelundupan narkoba di Banten pada tahun 2018:

1. Polisi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mengungkapkan kasus pabrik industri rumah PCC (parasetamol, kafein, dan carisoprodol) yang berlokasi di Kavling DPR RT 06 RW 02, Cipondoh, Kota Tangerang pada 6 Agustus.

2. Penyelundupan 44 kilogram metamfetamin dan 20 ribu butir ekstasi yang dikemas dalam dua karung besar berhasil digagalkan oleh Polda Metro Jaya Jakarta Barat. Pengungkapan itu dilakukan di Pelabuhan Rakyat di Kabupaten Bojonegara, Cilegon, Banten pada 20 November.

3. Kepolisian Resor Polisi Tangerang mengungkapkan transaksi narkoba terbesar di Provinsi Banten di Bintaro Exchange Mall, Boulevard Bintaro Jaya, Sektor VII, Kelurahan Pondok Jaya, Distrik Pondok Aren, Kabupaten Tangerang pada 5 Desember. Polisi menyita metamfetamin seberat 1.139,9 gram atau 1 Kg lebih banyak methamphetamine dan 51 ekstasi pil.

4. Direktorat Narkoba di Mabes Polri menggagalkan pengiriman 20 kilogram obat ganja di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Marijuana dibawa oleh kurir dari Jakarta ke wilayah Sumatra pada 3 Desember.

5. Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten mengungkapkan pengiriman marijuana menjelang akhir tahun ke wilayah Tangerang Selatan. Ganja seberat 335 kilogram dikirim melalui layanan kargo dan dibungkus dengan penggiling kopi pada 30 November.

TINJAUAN IKHTISAR
Banten Zona Merah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here