Cara Menumbuhkan Rambut Botak Bagian Depan

oleh -
Rambut Botak Bagian Depan
Rambut Botak Bagian Depan

VIRAL BANTEN – Kebotakan bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Hal iniĀ  secara tidak langsung ini akan mempengaruhi kepercayaan diri.

Kebotakan dapat disebabkan oleh folikel rambut memiliki masalah atau tidak memiliki pertumbuhan rambut. Sedangkan pada wanita, menopause menjadi salah satu pemicu kebotakan.

Ada kondisi ketika mengalami wanita pasca-menopause, di mana hilangnya rambut tidak bisa tumbuh kembali, hal itu disebut fibrosing alopecia frontal.

Tidak hanya itu stres mental juga dapat menyebabkan kebotakan.

Stres dapat menghambat hormon yang tumbuh cepat rambut. Kebotakan terjadi ketika rambut rontok akan lebih dari tumbuh. Beberapa hal berikut mempengaruhi kerontokan rambut Anda, yaitu:

1. Gaya Hidup Sehat

Kebotakan bisa disebabkan dari zat radikal bebas yang mengganggu cara kerja hormon tertentu. Oleh karena itu, perbanyak buah dan sayur serta berolahraga teratur akan memberikan efek bagus untuk menjaga ketebalan rambut. Sebisa mungkin, hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk kesehatan rambut. Hal ini terdapat dalam buah jambu dan kelapa. Bayam, telur, daging tanpa lemak, dan oats juga baik untuk menunjang kesehatan rambut Anda.

2. Gunakan Produk Perawatan Alami

Untuk perawatan rambut sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan yang alami seperti misalnya lidah buaya atau bijih kemiri. Bahan-bahan alami ini tak berisiko menyebabkan kerontokan karena kandungan zatnya yang natural.

Bahan-bahan kimia juga tak selalu cocok untuk semua orang karena memang ada zat tertentu yang hanya cocok bagi beberapa orang saja. Zat yang tak cocok ini kadang bisa menyebabkan efek samping seperti kerontokan.

3. Jangan Mewarnai Rambut

Anda juga wajib berhati-hati ketika memilih pewarna rambut. Sebaiknya hindari kandungan Para-phenylenediamine atau PPD dalam pewarna rambut. Ini adalah salah satu bahan kimia yang ada pada produk pewarna rambut.

Bahan ini amat rentan memicu terjadinya dermatitis dan alergi, terlebih pada kulit kepala yang tergolong sensitif. Akibatnya, kulit kepala dan rambut bisa mengalami kerusakan.

4. Menyisir dengan Lembut

Menyisir rambut terlalu keras juga bisa menyebabkan rambut patah, sehingga kebotakan akan lebih rentan terjadi. Apalagi jika kamu menggunakan sisir dengan gigi yang rapat untuk menyisir rambut yang terbilang kusut.

Sisirlah rambut dengan lembut, jangan dipaksa ketika menjumpai rambut yang kusut. Uraikan dengan perlahan. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut kamu untuk menghindari rambut patah.

5. Meminimalisir Stres

Stres itu juga bisa menyebabkan kebotakan. Hal ini karena stres bisa mengganggu kekebalan tubuh yang berdampak kepada kebotakan. Hormon dari badan akan terganggut dengan stres.

Dampaknya pertumbuhan rambut akan berhenti dalam jangka panjang sehingga pelan-pelan akan berhenti. Anda bisa mulai menghindari stress untuk mencegah hal ini. Anda bisa konsisten beristrirahat cukup dan , berolahraga, serta makan makanan sehat dan menghindari merokok dan minuman keras.

Jika memang masih mengalami ketakutan atas kebotakan anda bisa mulai menggunakan obat-obatan untuk mencegah kebotakan. Hal ini bisa menjadi alternatif lain yang bisa kamu pertimbangkan.

Biasanya, jenis obat yang digunakan untuk mengurangi kebotakan adalah Finasteride yang bekerja dengan cara menghambat hormon yang memicu terjadinya kebotakan. Minoxidil juga berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih lebat. Sementara itu, Spironolactone banyak dipilih para wanita untuk menumbuhkan rambut.

Cara-cara diatas bisa dilakukan untuk cegah kebotakan. Terlambat mencegah kebotakan malah bisa menyesal di kemudian hari.

Apakah bawang merah bisa menumbuhkan rambut di jidat?

Khasiat penting lainnya yaitu nyatanya bawang merah bisa berkhasiat dalam menumbuhkan rambut di jidat dengan beberapa racikannya. Bawang merah mengandung sulfur yang berguna dalam merangsang pertumbuhan sel-sel rambut di kulit kepala kamu.

Apakah rambut yang sudah botak bisa tumbuh kembali?

Kebotakan akibat radiasi umumnya bersifat sementara dan rambut bisa tumbuh kembali beberapa bulan setelah terapi selesai.

Obat penumbuh rambut

1. Minyak kelapa

Salah satu obat penumbuh rambut yang bisa mengembalikan hilangnya protein dari rambut rusak adalah minyak kelapa. Cara kerja minyak kelapa adalah masuk ke batang rambut dan mengurangi risiko kerontokan.Obat penumbuh rambut yang satu ini cocok bagi yang kerap menggunakan produk perawatan rambut kimia. Caranya adalah dengan memijat kelapa dengan 2 sendok makan. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo lembut.

2. Yogurt

Tak hanya lezat dan sehat, yogurt bisa juga menjadi obat penumbuh rambut. Kandungan probiotiknya bisa merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut. Jadi, konsumsi satu porsi yogurt setiap hari bisa jadi cara menjaga kesehatan rambut.

3. Ekstrak bawang putih

Jangan bayangkan baunya, tapi ekstrak bawang putih juga ampuh sebagai obat penumbuh rambut. Kandungan fitokimia bisa merangsang pertumbuhan rambut.Caranya, ambil sari-sari bawang putih dan aplikasikan ke kulit kepala. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo. Cara ini aman dilakukan setidaknya 2 kali dalam sepekan.

4. Teh hijau

Tak hanya kaya antioksidan dan baik untuk tubuh, teh hijau bisa merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan bioaktif dalam teh hijau bisa mengurangi risiko kerontokan rambut.Teh hijau bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari. Namun apabila Anda mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping.

5. Ginseng

Sejak lama, ginseng selalu menjadi andalan bahan alami perawatan rambut termasuk sebagai obat penumbuh rambut. Kandungan dalam ginseng bisa merangsang pertumbuhan rambut.Caranya adalah dengan memijat kulit kepala dengan beberapa sendok makan ginseng. Kemudian, diamkan selama 1 jam. Bilas dengan sampo lembut. Lakukan dua kali dalam seminggu.

6. Lemon

Obat penumbuh rambut berikutnya adalah lemon yang bisa meningkatkan kualitas rambut sekaligus merangsang pertumbuhannya. Caranya, aplikasikan perasan lemon pada kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut.

7. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi juga bisa menjadi obat penumbuh rambut alami. Tak hanya itu, kafein juga bisa memperkuat rambut sehingga bisa tumbuh lebih panjang. Caranya adalah dengan mengonsumsi kopi setidaknya satu kali sehari. Namun tetap perhatikan efek kafein terhadap tubuh Anda.

8. Minoxidil

Kandungan kimia yang bisa menjadi obat penumbuh rambut biasanya adalah minoxidil. Rata-rata produk penumbuh rambut yang dijual di pasaran mengandung 5% minoxidil dan bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Namun terkadang ada reaksi alergi akibat minoxidil.

9. Finasteride

Kerontokan rambut yang disebabkan karena autoimun terhadap folikel biasanya diatasi dengan finasteride. Tentunya, konsumsi obat penumbuh rambut yang mengandung finasteride harus atas persetujuan dokter.Perlu diingat pula konsumsi obat yang mengandung finasteride bisa menyebabkan efek samping. Beberapa di antaranya adalah disfungsi ereksi, pembesaran payudara pada pria (ginekomastia), dan menurunnya gairah seksual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *