Home Otomotif Motor Cara Memperbaiki Motor Ngebul Saat Digeber

Cara Memperbaiki Motor Ngebul Saat Digeber

Cara Memperbaiki Motor Ngebul Saat Digeber
Cara Memperbaiki Motor Ngebul Saat Digeber

Kenalpot Motor berasap saat baru dinyalakan – Memanaskan mesin kendaraan menjadi rutin sebelum berkendara ke kantor. Selain dibiarkan diam, gas kadang-kadang terbuka penuh.

Tapi ketika gasnya penuh, knalpotnya mengeluarkan asap putih tipis. Asap kemudian menghilang ketika mesin diam dan ketika kembali ke gas penuh tidak lagi mengeluarkan asap.

Jadi, apakah itu pertanda masalah dengan ring piston yang menyebabkan oli masuk ke ruang bakar?

Menurut Agus Mustafa, Dukungan Teknis Auto2000 untuk penampilan asap putih pada knalpot ketika gas sepenuhnya tidak selalu disebabkan oleh masalah dengan cincin piston.

Seperti diketahui, mesin pada kendaraan saat ini memiliki saluran uap oli untuk menjaga tidak ada kekosongan pada area poros engkol.

“Di ruang ini poros minyak dan crank berputar yang mengakibatkan timbulnya buih bercampur dengan sisa-sisa pembakaran. Nah, agar uap panas tidak terbuang, masukkan lagi ke dalam ruang bakar untuk dikompres dan dibakar,” katanya kepada Liputan6.com

Uap minyak ini, kata pria yang akrab dipanggil Pak Haji, akan membuat saluran udara kotor. Karena debu udara halus akan menempel pada uap oli mesin.

Dia menjelaskan, sisa uap pembakaran dalam reservoir oli mesin akan didistribusikan ke penutup katup atas. Ada lubang pembuangan yang mengarah ke saluran udara.

Kemudian, uap minyak masuk dengan udara ke dalam ruang bakar yang kemudian dibakar menjadi listrik dan gas pembakaran dikeluarkan melalui knalpot. Jadi wajar saja bila dinyalakan dan diberi gas beracun akan menghasilkan asap putih.

“Di pagi hari saat memanaskan mesin (asap putih keluar), itu disebabkan oleh oli dari sisa pelumasan yang menempel pada dinding ruang bakar,”

“Karena proses penguapan ini, ada inspeksi rutin oli mesin untuk mencegah oli berkurang banyak,” tambahnya.

Sementara itu, kondisi ini tidak akan terjadi pada mesin Diesel. Sebab, uap minyak segera dibuang ke udara luar dan tidak dialirkan ke ruang bakar.

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih saat digeber

Motor Ngebul Saat Rpm Tinggi, Asap putih muncul karena ada minyak yang terbakar di dalam ruang bakar / blok silinder, dan ini seharusnya tidak terjadi.

Tetapi jika memang Anda menemukan ini pada motor yang baru saja dibongkar oleh mesin, itu berarti ada beberapa hal yang harus diperiksa ulang, termasuk penyebab oli bisa masuk ke ruang bakar melalui katup dan melalui dinding silinder.

Pertama periksa apakah oil seal klep telah diganti baru setelah turun mesin? Karena setiap silinder kepala pembongkaran disarankan untuk mengganti seal klep dan skir klep.

Jika Anda telah menggantinya, coba saja periksa apakah batang katupnya baret atau aus? Ini bisa diperiksa bersentuhan dan terlihat pada batang klep biasanya ada garis aus. Karena keausan pada batang klep bisa membuat oli dari kepala silinder masuk ke ruang bakar, jadi jika masalahnya adalah mengganti klep.

Pemeriksaan selanjutnya adalah kemungkinan oli yang kebakar karena:

1. Hasil boring/korteran blok silinder kurang halus/masih ada baret di dinding silinder,

2. Pemasangan Ring Piston yang tidak tepat sehingga oli dari crankshaft / bawah piston bisa menyusup keatas piston. Pemasangan ring piston ini ada aturanya jadi tidak boleh kebalik atau asal di pasang saja. Dan mekanik Honda pastinya tahu cara pemasangan yang benar.

Silakan untuk pemeriksaan di atas kami sarankan dilakukan oleh ahlinya, supaya tidak terjadi kesalahan analisa. Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat bagi Anda dan teman-teman semua.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here