5 Cara Menjalankan Program Windows di Apple Mac OS

5 Cara Menjalankan Program Windows di Apple Mac OS

File aplikasi EXE (perangkat lunak atau program) hanya mendukung sistem operasi Windows . Namun, jika Anda menggunakan Apple Mac OS dan ingin menjalankan program Windows pada komputer MAC Anda, kami mencakup panduan di sini yang dapat membantu Anda menggunakan aplikasi Windows di Mac.

Mac memiliki tandan perangkat lunak yang terus bertambah, tetapi beberapa program masih hanya mendukung Microsoft Windows.

Jika Anda baru saja beralih ke Apple Mac dari Windows, Anda mungkin kehilangan beberapa aplikasi dan game Windows favorit Anda. Namun, dalam posting ini, kami memperkenalkan Anda dengan beberapa aplikasi MAC terbaik yang memungkinkan komputer Apple (desktop / laptop) untuk menjalankan program Windows sama sekali.

Bagaimana Cara Menjalankan Program Windows di Mac?

Dengan bantuan beberapa aplikasi pihak ketiga , Anda dapat menjalankan file EXE pada mesin Mac. Apakah itu adalah perangkat lunak bisnis atau Anda hanya ingin bermain game PC Windows, ada beberapa cara untuk menjalankan program Windows pada MAC Anda.

Beberapa metode populer serupa dengan cara seperti menginstal mesin virtual, dual-boot, lapisan kompatibilitas Wine, solusi desktop jarak jauh dan menggunakan alat pihak ketiga. Kami memperkenalkan sebagian besar di sini.

1. Jalankan EXE di Mac OS X Menggunakan WinOnX 2 Pro

WinOnX 2 Pro membantu Anda untuk mengatur OS Windows pada mesin Mac Anda sama seperti VMware Workstation (mesin virtual). The WinOnX adalah aplikasi berbayar. Oleh karena itu, Anda harus menghabiskan sekitar $ 7,99 (sekitar IDR 599 INR), yang tidak terlalu mahal.

Unduh dan instal program Windows di Mac

Untuk menggunakan program Windows di komputer Mac, dapatkan aplikasi WinOnX.

  1. Unduh WinOnX 2 Pro dmg dari Mac App Store .
  2. Jalankan WinOnX dan cari file .exe yang ingin Anda jalankan.
  3. Instal aplikasi Windows menggunakan WinOnX dan akan siap digunakan.

catatan: WinOnX 2 Pro membutuhkan Mac OS X 10.11 atau lebih tinggi untuk berjalan dengan benar. Kunjungi situs resmi mereka untuk informasi lebih lanjut.

Metode di atas untuk menjalankan program Windows pada Mac cukup mudah. Anda tidak perlu menginstal Windows pada Mac dengan prosedur booting ganda yang rumit.

2. Mesin Virtual

Mesin virtual adalah salah satu metode terbaik untuk menjalankan perangkat lunak Windows desktop pada MAC. VM memungkinkan Anda untuk menginstal Windows di Mac atau / dan Mac pada Windows dan sistem operasi populer lainnya.

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan program mesin virtual (VMWare Fusion atau Parallels) untuk menjalankan aplikasi Windows tanpa me-reboot sistem.

Namun, sebelum membeli lisensi, pertimbangkan untuk menggunakan uji coba gratis dari kedua perangkat lunak Parallels dan VMWare. Gunakan versi uji coba setiap perangkat lunak VM dan tentukan yang mana yang paling cocok untuk Anda.

Ingat: Ada satu poin negatif pada mesin virtual karena kinerja grafis 3D-nya tidak bagus. Oleh karena itu, mungkin gagal untuk memberikan pengalaman gaming terbaik untuk game yang menggunakan banyak memori & animasi grafis 3D. Tapi ya, itu bisa memainkan game-game itu, terutama game-game lama. Selanjutnya, mesin virtual adalah cara terbaik untuk menjalankan program Windows di Mac.

3. Kamp Pelatihan

Jika Anda tidak mampu membayar lisensi mesin virtual atau tidak mendapatkan kinerja gaming yang cukup, Anda dapat menggunakan Apple’s Boot Camp .

Ini memungkinkan Anda untuk menginstal Windows bersama dengan macOS pada desktop Mac. Metode yang paling populer untuk Mac boot ganda. Tapi, sisi negatifnya adalah; Anda hanya dapat menggunakan satu sistem operasi pada satu waktu karena Anda harus me-restart mesin Anda setiap kali Anda ingin beralih antara macOS dan Windows. Ini seperti dual-booting Linux pada PC Windows.

Jika Anda adalah penggemar berat game PC Windows atau hanya ingin menjalankan beberapa aplikasi Windows tertentu di Mac Anda, booting ganda Windows adalah ide terbaik untuk mendapatkan kinerja maksimum yang mungkin.

Hanya satu poin yang mengecewakan Anda di sini bahwa Anda tidak dapat menjalankan aplikasi macOS dan aplikasi Windows secara bersamaan.

Jika Anda ingin menjalankan program Windows dan aplikasi desktop Mac secara bersamaan di Mac Anda, opsi kedua untuk menggunakan mesin virtual mungkin akan menjadi ide yang baik untuk Anda. Lebih lanjut, jika Anda hanya ingin bermain game Windows di macOS Anda, Kamp Pelatihan akan menjadi pilihan ideal.

4. CodeWeavers ‘CrossOver Mac

CrossOver Mac adalah alternatif untuk WinOnX untuk menjalankan program Windows tanpa menginstal Windows sendiri pada Mac. Ini adalah lapisan kompatibilitas Windows yang menawarkan fungsionalitas yang sangat baik untuk serangkaian aplikasi Windows yang terbatas.

Ini adalah aplikasi berbayar untuk menjalankan aplikasi Windows di Mac Anda. Anda mungkin harus menghabiskan antara 15.95 hingga 499.95 dolar Amerika (tergantung pada paket yang Anda pilih) untuk menggunakan aplikasi desktop Mac ini.

CrossOver Mac juga memiliki uji coba gratis jika Anda ingin mencobanya.

5. Wine

Wine adalah lapisan kompatibilitas (berasal dari Linux) yang memungkinkan penggunaan program Windows pada sistem operasi lain. Wine menulis ulang kode Windows yang tergantung pada program sehingga dapat dijalankan secara efisien di OS lain. Sebelum menggunakan program Wine, jangan lupa untuk memeriksa Wine AppDB yang dapat memberi Anda ide tentang aplikasi yang didukung.

Selain itu, Wine adalah cara terakhir untuk menjalankan program Windows di Mac Anda dalam daftar kami. Aplikasi ini tidak perlu mendapatkan lisensi Windows untuk menggunakan Wine.

WineHQ adalah situs web proyek resmi yang menyediakan versi resmi Wine untuk Mac OS X. Ada juga beberapa cara lain untuk mendapatkan Wine di Mac seperti WineBottler untuk menjalankan program berbasis Windows pada MAC.

Karena menggunakan program desktop Windows di mac Anda membutuhkan lebih banyak pekerjaan dan trik, disarankan untuk menggunakan perangkat lunak Mac bila mungkin jika Anda memiliki komputer Mac.

Catatan: Perangkat lunak dan / atau aplikasi batal yang retak juga tersedia di internet untuk mengunduh MacOnX, Virtual Machine, dan Windows secara gratis, namun, kami sangat tidak menyarankan Anda untuk menggunakan perangkat lunak retak apa pun karena mengandung virus / adware / malware dan membuka backdoor kepada peretas dan informasi pribadi Anda dapat dikompromikan. Jadi, hindari menggunakan aplikasi yang retak dan hanya membeli perangkat lunak asli langsung dari situs web resmi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here